Masjid Roudhotul Muchlisin, Destinasi Wisata Religi di Jember

by - August 29, 2018


Whoever builds a mosque seeking the pleasure of Allah, Allah builds a similar one for him in paradise - HR. Bukhari Muslim

Waktu ke Jember minggu lalu, mbak Ira ngajak kami ke salah satu masjid yang bisa dibilang masih baru. Namanya Masjid Roudhotul Muchlisin, berlokasi di Jalan Gajahmada, Kelurahan Condro, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Jadi hari Sabtu (11/8/2018) itu, sebelum nonton Jember Fashion Carnival kami sholat dhuhur di masjid yang terlihat megah ini.

Masjid ini baru diresmikan pada tanggal 15 Mei 2017. Tapi ternyata, sebenarnya masjid ini sudah ada sejak tahun 1978. Pada tahun 2009 masjid ini dipugar. Jadinya ya seperti yang bisa kita lihat sekarang.

Eye catching. Itu kesan pertama yang saya tangkap sewaktu pertama kali melihat masjid ini. Bangunannya yang megah dengan menara tinggi menjulang didominasi warna kuning cerah. Di bawah langit kelabu yang memayungi Jember siang itu, bangunan Masjid Roudhotul Muchlisin terlihat mencolok. Kubah-kubahnya berwarna orens cerah dengan sedikit aksen berwarna merah. Ditambah pilar-pilar berukuran besar berwana kuning, bangunan masjid ini semakin terlihat megah. 

Tampak luar masjid

Bukan hanya indah dan megah, tapi area masjid ini juga cukup luas. Halamannya yang berpaving dipenuhi mobil juga sepeda motor milik jamaah. Di sudut lain ada pujasera yang juga ramai pengunjung. Wajar sih, karena saat itu sudah masuk wakttu makan siang bagi wilayah Jember dan sekitarnya.

Pujasera

Saya, mbak Ira dan mbak Rien cukup lama berdiri di depan masjid, mengagumi arsitekturnya yang menarik. Kalau bukan karena hujan yang semakin deras, mungkin kami masih betah berlama-lama mengagumi keindahan masjid ini.

Doa masuk masjid diapit dua kalimat syahadat

Kami semakin kagum sewaktu masuk ke tempat wudhunya yang serba bersih dan kinclong. Sampai toiletnya pun bersih dan wangi. Benar-benar bikin nyaman.

Tempat wudhu

Kalau bagian luar dan tempat wudhunya sudah bikin kami terkagum-kagum, bagian dalam masjid bikin kami lebih terkagum-kagum lagi. Warna kuning dan emas masih mendominasi interior masjid. Terlihat kontras dengan karpetnya yang berwarna merah dan langit-langitnya yang berwarna biru. Ruangannya yang terbuka bikin bagian dalam masjid ini tetap terasa nyaman dan adem meski tanpa kipas angin dan pendingin ruangan.

Ruang sholat

Yang bikin masjid ini terlihat lebih menarik adalah ayat-ayat suci Al Quran yang ditulis pada dinding dan langit-langit masjid. Semua dinding dan langit-langitnya penuh tulisan kaligrafi. Terkesan ramai, tapi sama sekali gak terlihat norak. Yang ada justru menarik.

Setiap sudutnya dipenuhi kaligrafi

Selesai menjama' sholat dhuhur dan ashar, kami bertiga masih betah berlama-lama menikmati setiap sudut masjid ini. Gak puas hanya menikmati dari lantai satu, kami pun naik ke lantai dua. Kami pun sepakat, masjid ini indah dan menarik dilihat dari sudut manapun juga.

Tangganya aja cakep

View dari lantai dua

Buat kamu yang berkunjung ke Jember, coba deh sempatin singgah untuk sholat di masjid ini. Buat teman-teman muslimah yang gak bawa mukenah, gak usah khawatir, karena di masjid ini tersedia banyak mukena yang bersih dan wangi.

Semoga foto-foto di bawah ini bisa sedikit menggambarkan keindahan masjid ini 😊

I was here

NOTE: Semua foto menggunakan smartphone ASUS ZenFone 5

You May Also Like

9 comments

  1. Yaampun cantik banget kak mesjidnya, mewah juga, dan udah berdiri sejak 1978 yah, lama banget. Pasti banyak cerita-cerita sejarah islam yang tersemat di mesjid ini. MENAWAN!

    ReplyDelete
  2. warna-warna itu ikutin tema apa ya? Apa mengikuti budaya tertentu. Cerah banget ya warnanya dan megah mesjidnya. Ga kliatan mesjidnya sudah ada sejak 1978

    ReplyDelete
  3. keren banget yah masjidnya, kalo dilihat-lihat seperti menggambarkan kerajaan islam, aku suka

    ReplyDelete
  4. Subhanallah..indah sekali mesjid nya mbak..pilar pilarnya mewah, kaligrafinya juga bagus2..

    ReplyDelete
  5. Keren pilar-pilar dan ornamen masjidnya. Seperti melihat masjid-masjid di Iran dalam versi modern!

    ReplyDelete
  6. wuihhh cakeppp nih masjid, keren pilar2nya wah jadi penasaran pengen liat langsung nih

    ReplyDelete
  7. Ini masjid dekat pemukimankah?

    ReplyDelete
  8. Ya Allah, cantiiiknya.
    Nyaman juga kelihatannya, aku paling seneng klo toilet dan tempat wudhunya bersih. Duh, pengen juga kesini.

    ReplyDelete
  9. wah, bagus banget masjidnya mbak De. arsitekturnya dan kaligrafinya indah. rame tapi gak ada kesan norak sama sekali. kereeen banget dah!

    ReplyDelete